Wednesday 13 January 2016

Longsor Di Kawasan Cibeureum Cianjur Arus Lalu Lintas Dialihkan

http://cianjurnow.blogspot.co.id
CianjurNow - Akibat hujan yang terus turun di kawasan Palalangon Kecamatan Cugenang dengan intensitas tinggi, mengakibatkan longsor di kawasan itu. Akibatnya lalu lintas di kawasan tersebut lumpuh karena tertutup material longsoran.

Dari informasi yang dihimpun peristiwa longsor terjadi sekitar pukul 16.30 WIB, ketika itu hujan yang turun dikawasan tersebut cukup besar. Namun saat itu longsoran tidak terlalu besar. Selang tidak terlalu lama yaitu sekitar pukul 18.15 WIB, longsoran tanah beserta material bebatuan makin banyak hingga menutupi jalan.

Kawasan tersebut memang masuk dalam daerah rawan longsor. Di kedua sisi merupakan bukit dengan kontur yang labil. Akibat longsor itu arus lalulintas kendaraan dari kedua arah baik dari Bogor menuju Cianjur dan juga sebaliknya tidak dapat dilalui.

"Waktu saya lewat di kawasan itu sekitar pukul 4.30 sore, memang sudah keliahatan longsor. Tanah dan bebatuan sudah pada turun kejalan tapi kendaraan masih bisa lewat dari dua arah," kata Apep (30), warga Cianjur kota, yang kebetulan lewat di kawasan itu.

Senada juga dikatakan warga Cianjur lainnya. Ika (40) yang bekerja di Cipanas menuturkan bahwa dirinya hampir terjebak longsoran material di kawasan Cibeureum. "Pas pulang memang sudah longsor dan hampir tidak bisa jalan. Karena pakai motor jadi masih bisa lewat," ucapnya.

Hingga berita ini diturunkan belum dapat diketahui berapa lama material longsoran dapat dibersihkan. Alat berat pun dipergunakan untuk melakukan pembersihan material tanah. Longsor yang menimbun seluruh badan jalan di kawasan Cibereum kecamatan Cugenang mengakibatkan ditutupnya arus lalu lintas dari arah Cianjur menuju Puncak mulai dari bundaran tugu Mamaos (Bunderan by pass). 

Meski sempat terjadi kemacetan di kawasan itu dikarenakan material yang menutupi jalan namun jalur lalu lintas dari kedua arah dialihkan melalui Sukabumi dan juga Jonggol. (Ferryindra)


Info lainnya :

Pasar Pasir Hayam Masih Sisakan Persoalan, DPRD Cianjur Angkat Bicara
http://cianjurnow.blogspot.co.id/2016/01/pasar-pasir-hayam-masih-sisakan.html

No comments:

Post a Comment