Wednesday 13 January 2016

Pemkab Cianjur Akan Rubah Pasar Bojong Meron Jadi Yang Terindah

http://cianjurnow.blogspot.co.id
CianjurNow - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Cianjur akan merubah bekas pasar Bojong Meron (Bomero) menjadi jalan yang terindah di Cianjur. Melalui Dinas Bina Marga Kabupaten Cianjur berencana akan menata jalan Cicih Winarsih yang sebelumnya terkesan kumuh oleh Pedagang kaki lima (PKL). 

Rencana penataan ini disampaikan oleh Kepala Dinas Bina Marga Kabupaten Cianjur, Athe Adha Kusdinan, belum lama ini. Menurutnya jalan yang berada di tengah kawasan Cianjur kota ini dan di apit disisi kiri maupun kanan oleh pohon dengan ukuran besar akan berubah penampilan. Kawasan yang sebelumnya terkenal padat oleh PKL akan disulap menjadi kawasan yang nyaman.

"Ada yang mengusulkan untuk diperlebar jalannya. Tapi pohon yang ada situ sayang kalau ditebang. Diharapkan nanti bekas pasar Bojong Meron akan menjadi jalan yang terindah di Cianjur, percontohan," katanya.

Ditambahkannya jalan tersebut akan difungsikan kembali seperti dahulu dimana para pejalan kaki bisa dengan leluasa berjalan diatas trotoar. Jalan yang memiliki panjang sekitar 750 meter dan lebar 7 meter ini diharapkan dapat diperbaiki dan ditata secepat mungkin.

"Jalan bekas pasar Bojong Meron akan dijadikan jalan lagi seperti dahulu. Dan dibikin trotoar. Inimah bulan Pebruari nanti sudah mulai dihotmix," jelasnya.

Menurut rencana pembangunannya akan dilaksanakan pertengahan bulan depan dan sekarang masih proses lelang. Diperkirakan untuk menata jalan tersebut, lanjut Athe, akan menghabiskan dana yang cukup besar. "Dananya diabil dari APBD murni. Diperkirakan menghabiskan dana sekitar sekitar Rp2 miliar dengan waktu penyelesaian biasanya 90 hari kerja," ucapnya.

Disisi lain pihaknya juga merencanakan akan memperbaiki jalan di kawasan yang dipandang perlu dan harus diperbaiki. Tahun ini rencananya wilayah yang perlu dan akan diperbaiki dengan menggunakan beton. "Kalau tidak salah anggaran yang masuk Rp3 miliar. Itu akan mencapai 2.5 kilo meter tapi tergantung lebar jalan," tambahnya.

Terkait pembenahan jalan, bupati juga telah menginstruksikan Dinas Bina Marga Kabupaten Cianjur untuk segera menyelesaikan pembangunan jalan yang berada di pasar Induk Pasir Hayam. Namun pihaknya mengaku belum bisa menyelesaikan secepatnya dikarenakan harus menunggu anggaran perubahan.

"Paling bisa dikerjakan menjelang akhir tahun ini karena harus menunggu ajuan dalam anggaran perubahan," jelasnya. (Ferryindra)


Info lainnya :

Longsor Di Kawasan Cibeureum Cianjur Arus Lalu Lintas Dialihkan
http://cianjurnow.blogspot.co.id/2016/01/longsor-di-kawasan-cibeureum-cianjur.html

Pasar Pasir Hayam Masih Sisakan Persoalan, DPRD Cianjur Angkat Bicara
http://cianjurnow.blogspot.co.id/2016/01/pasar-pasir-hayam-masih-sisakan.html

No comments:

Post a Comment