Tuesday 26 January 2016

Situs Gunung Padang Makin Banyak Dikunjungi, Pengelola Khawatir

http://cianjurnow.blogspot.co.id
CianjurNow - Jumlah pengunjung situs Gunung Padang yang berada di Kecamatan Karyamukti, Cianjur, terus mengalami peningkatan. Pengunjung yang terdiri dari wisatawan lokal baik dari Cianjur maupun kota luar Cianjur juga mancanegara merasa sangat menikmati ketika barada di atas kawasan situs meski untuk mencapai keatas mereka harus melewati ratusan anak tangga.

Menurut Zenal, yang merupakan salah seorang pengelola situs Gunung Padang mengatakan, dengan banyaknya pengunjung tentu berpengaruh terhadap pendapatan warga. Jumlah pengujung yang sangat banyak maka akan mendongkrak perekonomian masyarakat antara 20-30 persen. 

"Dalam sebulan bisa mencapai lebih dari 10 ribu pengunjung. Jumlah tersebut meliputi wisatawan lokal maupun mancanegara. Kita ambil rata-rata diatas 10 ribu orang perbulan. Dari jumlah tersebut sekitar 19 persennya merupakan warga asing," katanya.

Dirinya menuturkan bahwa selain itu juga diantara mereka ada sekolah yang secara rutin membawa siswa-siswinya untuk berkunjung dikarenakan ada salah satu mata pelajaran yang mengharuskan mereka mengetahui sejarah dan budaya.

Dengan bertambahnya pengunjung, lanjut Zenal, bukan berarti mereka tidak khawatir dengan perilaku pengunjung. Diakui pihaknya setuju tidak setuju dengan banyaknya pengunjung yang datang ke situs. Pasalnya cukup banyak diantara pengunjung yang mungkin belum mengetahui bagian mana saja yang boleh dan tidak. Hal ini demi kelestarian situs tersebut.

"Kita sih setuju tidak setuju dengan banyaknya pengunjung yang datang ke situs karena di kawasan Gunung Padang ini kalau kita perhatikan banyak hal-hal yang dilanggar oleh para pengunjung. Karena mungkin belum ada batas pengunjung dengan peninggalan cagar budayanya," jelasnya.

Penerapan untuk larangan-larangan yang tidak boleh dilakukan di Gunung Padang, pertama pihaknya menerapkan piket dan juga pemasangan papan informasi yang diterapkan di setiap tahapan situs. Setiap teras dipantau oleh 3-4 orang.

"Kalau kita perhatian untuk pengamanan dari si pengunjung dengan peninggalan cagar budayanya belum ada tahapan-tahapan yang diterapkan dan diberlakukan seperti itu," tambahnya.

Menurutnya ini merupakan hal yang harus dipikirkan bersama untuk menjaga dan melestarikan situs. Untuk menerapkan kedisiplinan bagi para pengunjung tersebut tentunya banyak pemikiran dan pekerjaan yang harus kita lakukan ekstra.

"Pengelola dari situs Gunung Padang sementara kami dibantu oleh lembaga masyarakat yang antusias kurang lebih ada 29 orang. Sebagian lagi ada yang sudah berstatus Pegawai Negeri Sipil (PNS) dari jumlah itu menjelang weekend atau Sabtu dan Minggu, mereka masuk semua. Tapi kalau hari-hari biasa kita sistimnya rolling," paparnya.

Untuk tiket masuk ke Gunung Padang telah di tetapkan sebesar Rp4 ribu rupiah perorang. Penetapan besaran harga tiket masuk ini masih merupakan peraturan desa (Perdes). (Ferryindra)


Info lainnya :

Warga Sekitar Situs Gunung Padang Pertanyakan Nasib Mereka
http://cianjurnow.blogspot.com/2016/01/warga-sekitar-situs-gunung-padang.html

Himpun Seribu Tandatangan Agar Kereta Api Cianjur-Bandung Beroperasi
http://cianjurnow.blogspot.co.id/2016/01/kereta-api-cianjur-bandung-belum.html

Hotel Puncak Pass Sisakan Puing-Puing Akibat Kebakaran
http://cianjurnow.blogspot.com/2016/01/hotel-puncak-pass-sisakan-puing-puing.html

1 comment:

  1. Saya sudah percaya yang namanya pesugihan ternyata betul-betul ada karna saya sudah membuktikan sendiri berkat bantuan pesugihan putih sebesar 3M dari Mbah Budi Hartono saya sudah buka usaha dan hutang saya semua pada lunas bahkan keadaan saya sudah jauh lebih baik dari sebelumnya sekedar info jika anda punya masalah ekonomi butuh bantuan terutama yang terlilit hutang sudah lama belum lunas atau butuh modal usaha jangan putus asa ini solusi yang tepat silahkan tlpn atau sms di no 085256077899 Mbah Budi Hartono atau buka website Mbah supaya lebih jelas klik -> *PESUGIHAN PUTIH TANPA TUMBAL*

    ReplyDelete